HENDRY DUNANT

MENGENAL JEAN HENDRY DUNANT (JHD)

 Jean Hendry Dunant (JHD) dilahirkanpada tanggal 8 Mei 1828 di Jenewa swiss. Ayahnya adalah seorang anggota Republik di Swiss bernama Jean Jques Dunant. Sedangkan ibunya bernama Antoinette Collden
 Ayahnya menjadi ketua yayasan perawayan anak piatu, sedangkan ibunya juga aktif dalam perawatan anak-anak perempuan piatu
 Pengalam di Afrika JHD menyaksikan kebiadaban terhadap perbudakan. JHD menulis buku tentang pengalaman ini. JHD terharu sekali terhadap perjuangan Florence di tengah-tengah kancah peperangan dan wabah penyakit yang sedang merajalela seperti Gizi Buruk Etiopia. Dan terjadi kelaparan.
 Tahun 1885 ke Italia menuju kota Sulferino. JHD menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri, korban perang yang bergelimpaha dimana-mana saat itu ditengah terjadi perang besar antara kerajaan Prancis (Sardinia) melawan kerajaan Austria. Lebih dari 40.000 prajurit tewas dan luka-luka.
 JHD mempunyai buku berisi pengalaman selama di Sulferino tahun 1862 dan di beri judul “UN SOUVENIR DE SOLFERINI” (Kenangan Sulferino). Buku ini mampu menggugah hati masyarakat yang berada di seluruh dunia, dan di terjemahkan dalam berbagai bahasa.
 Cita-cita JHD adalah ingin sekali membentuk suatu lembaga / Badan / Perhimpunan yang menggalang para tenaga kemanusiaan untuk memberi pertolongan, dan badan ini harus dibentuk diseluruh dunia.
 JHD didukung oleh Jendral Dulour, Murcia, Dr. Appia dan Gustave moynier, sepakat membentuk panitia 5 (lima) merintis cita-cita JHD.
 Tahun 1863, panitia merintis terbentuknya Palang Merah. Saat konferensi diplomatic yang dihadiri 16 negara disahkan organisasi Palang Merah dengan lambang Palang Merah diatas warna putih.
 Panitia lima kemudian menjadi Komite Internasional Palang Merah atau dalam bahasa inggrisnya adalah “International Commite Of The Red Cross (ICRC)” Sampai sekarang nama itu masih tetap berlaku.